10.10.17

Press Release KeSEMaTCOMPETITION 2017: Lomba Fotografi dan Videografi Mangrove In Frame

Semarang - KeSEMaTBLOG. Mangrove merupakan tumbuhan pesisir yang memiliki peranan sangat penting bagi ekosistem pesisir. Beberapa fungsi mangrove yang penting, antara lain adalah sebagai tempat berpijah, beranak pinak, dan pembesaran anak bagi fauna pesisir, pencegah abrasi, penjebak polutan, pereduksi gelombang tsunami, ekowisata, pencegah intrusi air laut, pengendali banjir, dan lain-lain.

Manfaat mangrove yang begitu besar, telah berperan serta dalam menunjang kehidupan manusia dan lingkungannya. Namun demikian, manfaat yang sedemikian besar tersebut, seringkali terlupakan, bahkan menjadi terancam karena pemanfaatan mangrove yang tidak ramah lingkungan.

Penebangan mangrove, pembangunan pertambakan, pendirian perusahaan komersil, reklamasi lahan, pengurukan laut, dan usaha destruktif lainnya untuk mengubah habitat mangrove menjadi sebuah lahan komersil telah mengancam kelestariannya di masa mendatang.

Kerusakan mangrove telah terjadi di sebagian besar pesisir di Indonesia bahkan dunia. Berbagai upaya telah dilakukan oleh masyarakat, swasta, dan pemerintah untuk mengembalikan fungsi ekologis mangrove seperti sediakala.

Beragam program rehabilitasi mangrove tersebut telah dilaksanakan setiap waktu, namun demikian belum menunjukkan hasil yang maksimal karena tingkat kerusakan ekosistem mangrove yang cukup tinggi.

Dengan memahami kenyataan yang ada, maka diperlukan kerja sama lintas sektoral dengan multi stake holder untuk mengendalikan laju kerusakan ekosistem mangrove yang telah terjadi sekarang ini. Berbagai kalangan diharapkan dapat menyumbangkan perannya dalam turut serta menjaga dan melestarikan mangrove, yang terbukti sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia dimasa sekarang dan akan datang.

Konsep pelestarian mangrove bottom up, dan bukan top down, yang berarti inisiasi pertama dilakukan oleh masyarakat, dan bukan pemerintah, telah di uji coba oleh beberapa individu dan komunitas, seperti organisasi mahasiswa, kelompok tani, dan swasta yang terbukti telah mampu mengembalikan lahan mangrove kepada kondisi semula sehingga mampu berfungsi kembali dalam menjaga keseimbangan ekosistem pesisir.

Melalui KeSEMaTCOMPETITION (KC) 2017: Lomba Fotografi dan Videografi bertema 'Mangrove In Frame', KeSEMaT melalui salah satu departemennya, yaitu Departemen Perpustakaan KeSEMaT (DEPUSMAT) mencoba untuk lebih menggali potensi masyarakat, khususnya generasi muda yang merupakan agen utama dalam perubahan.

Kaum muda Indonesia, baik sebagai individu, dan komunitas yang peduli dengan mangrove bisa jadi berjumlah ribuan. Pergerakan kaum muda dan komunitasnya dalam rangka turut serta melestarikan ekosistem mangrove di sekitarnya adalah salah satu hal yang wajib dihargai dan mendapatkan perhatian yang lebih, sehubungan dengan konsep bottom up di atas.

Untuk itu, dalam KC 2017 ini, karya-karya mangrove yang dikirimkan adalah berupa ide kreatif generasi muda dalam bentuk file foto dan file video.

Seiring berkembangnya zaman, fotografi dan videografi sudah menjadi gaya hidup generasi muda jaman sekarang. Sampai saat ini, fotografi dan videografi tetap menjadi sarana untuk menyampaikan pesan-pesan tertentu dalam sebuah karya tulis yang singkat namun bermakna.

TUJUAN UMUM
Menyebarkan pengetahuan dan informasi mangrove serta menumbuhkembangkan semangat konservasi mangrove di kalangan masyarakat terutama generasi muda di seluruh Indonesia.

TUJUAN KHUSUS
1. Menumbuhkembangkan semangat konservasi mangrove.
2. Mengetahui seberapa jauh antusiasme para generasi muda terhadap pengetahuan dan informasi mangrove.

ACARA DAN WAKTU PELAKSANAAN
10 Oktober - 5 November 2017: Pengumpulan karya
5 November 2017: Penutupan pengumpulan karya
6 November 2017: Penjurian
8 November 2017: Pengumuman pemenang
11 November 2017: Penyerahan hadiah

PERSYARATAN UMUM
1. Peserta adalah Warga Negara Indonesia.
2. Peserta tidak dibatasi umur.
3. Lomba bersifat perseorangan.
4. Lomba KC 2017 ini GRATIS dan untuk umum, tidak dikenakan biaya apapun.
5. Peserta diharuskan memiliki salah satu akun Facebook, Twitter atau Instagram.
6. Karya fotografi dan videografi mangrove tidak boleh mengandung unsur SARA.
7. Peserta hanya diperkenankan untuk mengirimkan satu karya.
8. Pengiriman karya fotografi dan videografi dimulai pada tanggal 10 Oktober 2017 sampai dengan 5 November 2017 pukul 23.59 WIB.
9. Karya fotografi dan videografi yang dikirimkan adalah hasil karya orisinal yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya di media manapun, belum pernah diikutsertakan dalam perlombaan sejenis, dan/atau tidak pernah digunakan untuk media komunikasi apapun.
10. Karya fotografi dan videografi mangrove akan kami unggah di Facebook, Twitter dan Instagram KeSEMaT.
11. Peserta diwajibkan untuk mengajak keluarga, teman ataupun mitra kerja untuk LIKE karyanya di Facebook, Twitter dan Instagram KeSEMaT.
12. Karya dengan LIKE terbanyak akan menjadi juara favorit, dengan menjumlahkan LIKE di Facebook, Twitter dan Instagram KeSEMaT.
13. Dengan mengikuti KC 2017, maka setiap peserta menyetujui bahwa setiap hasil karya yang dikirimkan ke panitia menjadi hak milik KeSEMaT dan akan dipublikasikan ke media sosial dan jaringan online KeSEMaT sebagai media kampanye penyelamatan mangrove KeSEMaT.
14. Lomba KC 2017 ini, tertutup untuk keluarga besar KeSEMaT.
15. Keputusan dewan juri berlaku mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

PERSYARATAN KHUSUS KATEGORI LOMBA FOTOGRAFI
1. Fotografi bertema Mangrove From Above.
2. Hasil karya dikirimkan dalam bentuk soft copy.
3. Peserta dapat menggunakan kamera jenis apapun (handphone, DSLR, Mirrorless, dan lain-lain).
4. Hasil foto boleh disunting sederhana (cropping, burning dan brightness).
5. Menggunakan olah gambar digital dengan ukuran desain A5, resolusi 300 dpi dengan format JPEG.
6. Karya dikirimkan ke e-mail kesemat@undip.ac.id dengan subjek: Lomba Fotografi - KeSEMaTCOMPETITION (KC) 2017: Lomba Fotografi dan Videografi.
7. Peserta diwajibkan melakukan CC ke e-mail kesemat@gmail.com.
8. Nama file dinamai dengan format: Nama Anda_Kota Asal_Judul Karya. Contoh: Ramli Kartika_Semarang_Mangroveku Idolaku.
9. Peserta wajib melampirkan scan atau foto kartu identitas diri (KTP/SIM/identitas lain) dalam e-mail tersebut dilengkapi dengan (a) nama lengkap, (b) alamat domisili sekarang, (c) akun media sosial (Facebook/Twitter/Instagram) dan (d) nomor yang dapat dihubungi.

PERSYARATAN KHUSUS KATEGORI LOMBA VIDEOGRAFI
1. Tema videografi adalah The Impacts of Mangrove Damaged.
2. Materi video berupa dampak yang terjadi akibat hilangnya ekosistem mangrove di Indonesia dengan format bebas.
3. Karya yang dikirimkan berdurasi maksimal 1 (satu) menit.
4. Bebas menggunakan kamera apapun, seperti handphone, camera pocket ataupun digital lainnya dengan syarat minimal 5 (lima) Megapixel.
5. Diperbolehkan melakukan editing video sebatas cropping, grading, mixing, dan brightness.
6. Video diunggah melalui situs YouTube peserta: www.youtube.com disertai dengan judul dan deskripsi yang jelas, disertakan tulisan KeSEMaTCOMPETITION (KC) 2017: Lomba Fotografi dan Videografi.
7. Link videografi dikirimkan ke e-mail kesemat@undip.ac.id dengan subjek: Lomba Videografi – KeSEMaTCOMPETITION (KC) 2017: Lomba Fotografi dan Videografi.
8. Peserta diwajibkan melakukan CC ke e-mail kesemat@gmail.com.
9. Nama file dinamai dengan format: Nama Anda_Kota Asal_Judul Karya. Contoh: Hazim Helmi_Semarang_Negeri Mangrove.
10. Peserta wajib melampirkan scan atau foto kartu identitas diri (KTP/SIM/identitas lain) dalam e-mail tersebut dilengkapi dengan (a) nama lengkap, (b) alamat domisili sekarang, (c) akun media sosial (Facebook/Twitter/Instagram) dan (d) nomor yang dapat dihubungi.

PENJURIAN
Dewan juri KC 2017 terdiri dari para Konsultan KeSEMaT yang ahli di bidangnya, yaitu:
1. Rohmat Kuslarsono (CEO Kuslar Kreatif)
2. Ganis Riyan Efendi (Pemimpin Redaksi MANGROVEMAGZ)

HADIAH
Pemenang akan mendapatkan hadiah berupa:
1. Uang tunai.
2. Paket hadiah menarik dari industri mangrove kreatif.
3. Trofi.
4. Piagam penghargaan dari KeSEMaT.

Panitia akan menetapkan tiga orang pemenang dari masing-masing lomba, yaitu kategori pemenang 1, 2 dan favorit. Karya-karya para pemenang akan ditampilkan di acara seminar nasional MANGROVE REpLaNT 2017: Mangrove For Coastal Community Development di Semarang dan dipublikasikan ke website Majalah Mangrover Indonesia MANGROVEMAGZ.COM.

PENGUMUMAN PEMENANG
Pemenang KC 2017 akan diumumkan dan dipublikasikan pada tanggal 8 November 2017 di jaringan KeSEMaTONLINE: kesemat.undip.ac.id.

Penyerahan hadiah akan diserahkan di acara seminar nasional MANGROVE REpLaNT 2017: Mangrove For Coastal Community Development pada tanggal 11 November 2017 di Semarang.

Para pemenang akan diundang untuk menghadiri penyerahan hadiah. Bagi yang berhalangan hadir, hadiah akan dikirimkan melalui pos ke alamat masing-masing pemenang.

KONTAK DAN INFORMASI
Segala bentuk korespondensi berkaitan dengan KC 2017 dapat ditujukan kepada:

Sdri. SISWI DWI WAHYUNI
Staf Menteri Perpustakaan KeSEMaT
M. +6285 704795744 P. +6285 103527552
F. (024) 7474698 E. kesemat@undip.ac.id
W. kesemat.undip.ac.id

KeSEMaT adalah Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas dibawah Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro Semarang.

Informasi selengkapnya mengenai KeSEMaT, silakan mengunjungi jaringan KeSEMaTONLINE kesemat.undip.ac.id.

NB. Jadwal KC 2017 disusun secara tentative. (AR/SDW/ADM).

No comments:

Post a Comment