8.5.17

Flashmob dan Teatrikal Warnai Kampanye Simpatik Mangrove Restoration 2017 di Tugu Muda

Semarang - KeSEMaTBLOG. Setelah dilaksanakannya Technical Meeting (TM), Latihan Flashmob I dan II dan Kampanye Simpatik di depan gedung Soedarto, UNDIP (17/417), Mangrove Restoration (MANGRES) 2017 kembali melaksanakan salah satu rangkaian kegiatannya berupa Kampanye Simpatik yang berlokasi di Tugu Muda, Semarang (22/4/17).

Kegiatan kali ini meliputi kampanye mengenai kondisi mangrove yang terdapat di Semarang dan ajakan kepada masyarakat untuk melestarikan dan mengkonservasikan ekosistem mangrove dengan bersemangat, sesuai dengan tema MANGRES 2017, Mangrove Carnival. 

Adapun rangkaian acara pada Kampanye Simpatik di Tugu Muda, Semarang ini meliputi orasi, teater, flashmob, cosplay, freeze, dan pembacaan prasasti. Total peserta dan panitia yang terlibat pada kegiatan ini, tak kurang dari 30 orang dari berbagai institusi dan latar belakang yang berbeda.

Sebelumnya, peserta dan panitia berkumpul di Gedung Serba Guna (GSG) UNDIP Tembalang untuk melakukan perjalanan bersama menuju lokasi kampanye simpatik. Kampanye simpatik dilakukan di dua titik, yaitu area traffic light depan Museum Mandala dan Wisma Perdamaian, yang selanjutnya untuk flashmob dilakukan di area Tugu Muda.

Kegiatan kampanye simpatik juga melibatkan aksi orasi dan cosplay serta pembagian stiker kepada pengguna jalan. Dalam melakukan orasi, kegiatan kampanye simpatik ini juga diselingi dengan teater yang meliputi pembacaan puisi mangrove dan teater mangrove.

Aksi kampanye simpatik ini menarik perhatian dari pengguna jalan. Keberadaan cosplay sebagai wujud peringatan lima hari lingkungan, yaitu Hari Peduli Sampah, Hari Air, Hari Bumi, Hari Lahan Basah dan Hari Kehutanan di titik kampaye simpatik, semakin menambah ketertarikan dan kemeriahan acara.

“Hari ini kami turun ke jalan. Ini sangat luar biasa, para peserta sangat antusias mengikuti serangkaian acara Kampanye Simpatik ini. Saya sangat takjub dengan semangat peserta MANGRES 2017,” ungkap Sdri. Aulia Putri Aji (staf ahli MENPORSI).

Kampanye simpatik kemudian dilanjutkan dengan flashmob bersama di area sekeliling Tugu Muda. Kampanye simpatik ini diakhiri dengan pembacaan prasasti di bundaran Tugu Muda oleh perwakilan Ketua Pelaksana MANGRES 2017 yang diikuti oleh semua peserta dan panitia MANGRES 2017.

Pembacaan prasasti kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti oleh Sdr. Hatta Adi Failasuf (MENPORSI) mewakili Sdri. Winda Ariesta N. F. (MENSEK) selaku Ketua MANGRES 2017 dan perwakilan KeMANGTEER Semarang, Sdr. Arif.

“Kegiatan kampanye simpatik diharapkan dapat menarik perhatian dan meningkatkan kesadaran masyarakat Semarang untuk tetap menjaga kelestarian mangrove, terutama di wilayah pesisir Semarang yang sudah rusak hingga 90%,” jelas MENPORSI.

“Kampanye di Tugu Muda ini sangat menyenangkan dan seru sekali. Kami berorasi di depan pengguna jalan, membagi stiker dan menari flashmob di Tugu Muda. Kegiatan yang luar biasa,” ujar salah satu peserta MANGRES 2017. (KR).

No comments:

Post a Comment