17.3.17

Press Release Mangrove Restoration 2017: Mangrove Carnival

Semarang - KeSEMaTBLOG. Dengan ini, diberitahukan kepada masyarakat umum, bahwa dalam rangka memperingati hari-hari besar lingkungan yang jatuh di awal tahun 2017 dan mengajak masyarakat Indonesia agar lebih peduli dengan kelestarian hutan mangrovenya, maka KeSEMaT kembali akan mengadakan program tahunannya yang melibatkan ratusan peserta, untuk mengkampanyekan penyelamatan mangrove di titik-titik strategis di Kota Semarang. Penasaran?

Simak, keterangan di bawah ini. Jangan lupa, segera daftarkan diri Anda dan organisasi Anda, ya.

Term of References (TOR) Mangrove Restoration (MANGRES) 2017: Mangrove Carnival. Peringatan Hari Lahan Basah, Hari Peduli Sampah Nasional, Hari Kehutanan, dan Hari Air Dunia di Kota Semarang.

I. JUDUL KEGIATAN
MANGRES 2017: Mangrove Carnival. Peringatan Hari Lahan Basah, Hari Peduli Sampah Nasional, Hari Kehutanan, dan Hari Air Dunia di Kota Semarang

II. PELAKSANA KEGIATAN
Kelompok Studi Ekosistem Mangrove Teluk Awur (KeSEMaT)
Kantor KeSEMaT Semarang:
Jl. Ngesrep Barat V/35 Semarang, 50263
Jawa Tengah - Indonesia
P. +6285103527552
F. +62247474698
CP. Winda Ariesta Nur Fadilla +6285200493214
E. kesemat@undip.ac.id
W. www.kesemat.undip.ac.id

III. DURASI KEGIATAN
18 Maret s.d. 7 Mei 2017

IV. MITRA KEGIATAN
KeSEMaT dalam kegiatan ini bekerja sama dengan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro, KeSEMaT Mangrove Volunteer (KeMANGTEER), dan masyarakat Kota Semarang.

V. LATAR BELAKANG
Ekosistem hutan mangrove merupakan komunitas tumbuhan pesisir yang memiliki manfaat sangat besar, antara lain sebagai daerah pemijahan jenis ikan tertentu, daerah asuhan ikan-ikan ekonomis penting, penyedia nutrien dan zat hara penting, serta fungsi fisik yang sangat besar, seperti menjaga daerah pesisir dari abrasi.

Secara umum, kondisi mangrove di Indonesia, khususnya Pantai Utara Jawa berada dalam tingkatan yang sangat mengkhawatirkan. Hal ini juga terjadi pada ekosistem mangrove yang terdapat di daerah pesisir Semarang, khususnya Desa Mangunharjo, Kecamatan Tugu, Kota Semarang.

Memperhatikan kondisi tersebut di atas, maka pada tahun 2017 ini, KeSEMaT berniat melakukan upaya rehabilitasi mangrove melalui program Mangrove Restoration (MANGRES) 2017. Pada program ini, KeSEMaT melakukan kampanye simpatik, penanaman dan penyulaman terhadap mangrove yang sudah mati dan akan diganti dengan bibit mangrove yang baru di Desa Mangunharjo, Semarang.

Mengingat fungsi mangrove yang hidup di lahan basah sangatlah penting, diantaranya sebagai penahan sampah yang menuju ke laut dan dapat menahan intrusi air laut, maka kegiatan MANGRES 2017 diadakan sebagai peringatan Hari Lahan Basah, Hari Peduli Sampah Nasional, Hari Kehutanan, dan Hari Air Dunia.

Kegiatan MANGRES 2017 mengusung tema “Mangrove Carnival” dengan harapan dapat memotivasi masyarakat umum, khususnya generasi muda untuk selalu semangat dan memberi inspirasi kepada banyak orang untuk melakukan penyelamatan mangrove melalui aksi nyata yang diimplementasikan pada acara ini. Pengimplementasiannya ditunjukkan dalam kegiatan-kegiatan berupa kampanye simpatik, long march, dan penanaman serta pemeliharaan mangrove.

VI. TUJUAN UMUM
Melakukan penanaman dan penyulaman bibit mangrove yang bertempat di Desa Mangunharjo dengan cara mengganti bibit mangrove yang telah mati dengan bibit mangrove yang baru serta menanam bibit mangrove yang baru.

VII. TUJUAN KHUSUS
1. Melakukan kampanye simpatik dalam rangka memperingati Hari Lahan Basah, Hari Peduli Sampah Nasional, Hari Kehutanan, dan Hari Air Dunia
2. Meningkatkan kesadaran masyarakat atas pentingnya lingkungan khususnya ekosistem mangrove 3. Memberikan pengetahuan kepada peserta tentang tata cara menanam dan merehabilitasi mangrove secara baik dan benar
4. Melakukan penyulaman hasil penanaman mangrove yang telah dilakukan oleh KeSEMaT di Desa Mangunharjo

VIII. DESKRIPSI KEGIATAN
8.1. Pendaftaran KeMANGTEER (Peserta)
Pada tahap ini, KeSEMaT melakukan rekrutmen dan pendaftaran sukarelawan KeSEMaT, yang disebut sebagai KeMANGTEER. Pendaftaran KeMANGTEER, dimulai pada tanggal 18 Maret – 13 April 2017 bertempat di kantor KeSEMaT, Jl. Ngesrep Barat V/35 Semarang, 50263, Jawa Tengah. Adapun sasaran utama KeMANGTEER adalah para mahasiswa dari organisasi mahasiswa se-Jawa Tengah dan masyarakat umum.

8.2. Technical Meeting (TM)
TM akan dilaksanakan pada tanggal 14 April 2017 untuk memberikan informasi kepada para KeMANGTEER mengenai teknis MANGRES 2017 dan persyaratan yang wajib dipenuhi oleh KeMANGTEER selama MANGRES 2017. TM dilaksanakan di Sayap Kanan Gedung Prof. Soedarto, S.H Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah. Jl. Prof. Soedarto, S.H, Tembalang, Semarang mulai pukul 15.00 - 16.30 WIB.

8.3. Kampanye Simpatik
Kampanye Simpatik akan dilaksanakan pada tanggal 17, 22, dan 23 April 2017 yang dilakukan oleh KeSEMaT, KeMANGTEER dan bekerja sama dengan komunitas- komunitas di Kota Semarang dalam rangka mengajak masyarakat luas agar lebih peduli dengan lingkungan.

Kampanye Simpatik dilakukan dengan cara mengadakan kegiatan Mangrove Flash Mob dan berbagai macam kegiatan yang bertujuan untuk menarik perhatian mahasiswa dan masyarakat umum untuk dapat lebih memaknai dan berbuat lebih terhadap alam.

Selain itu, juga akan diadakan kegiatan pembagian stiker dan suvenir yang berisi pesan tentang lingkungan yang diberikan kepada setiap kendaraan yang lewat dan orang yang melintas. Seluruh peserta dan panitia MANGRES 2017 akan melakukan Flash Mob MANGROVER (Mangrove Movement) yang juga bertujuan untuk mengkampanyekan penyelamatan dan rehabilitasi mangrove.

Kampanye ini juga dilakukan dalam rangka memperingati hari-hari besar lingkungan, seperti Hari Lahan Basah (2 Februari), Hari Peduli Sampah Nasional (21 Februari), Hari Kehutanan (20 Maret), dan Hari Air Dunia (22 Maret).

Kampanye Simpatik akan dilaksanakan di kampus UNDIP Tembalang (17 April 2017), kawasan Tugu Muda (22 April 2017) yang kemudian dilanjutkan dalam acara Car Free Day Semarang yang bekerja sama dengan komunitas-komunitas di Kota Semarang (23 April 2017).

Pada kegiatan ini, para peserta MANGRES 2017 diwajibkan untuk membuat headband dengan ketentuan sebagai berikut:
a. Headband terbuat dari bahan karton
b. Pada bagian tengah headband diberi gambar pohon mangrove dengan jenis Rhizophora sp
c. Pada bagian tengah gambar pohon mangrove diberi tulisan #SAVEMANGROVE dan #MANGROVECARNIVAL
d. Ukuran dan bentuk gambar dibuat sekreatif mungkin
e. Warna yang digunakan untuk membuat headband yang terdiri atas tiga warna dari lima warna berikut, yaitu putih, coklat, kuning, hijau, atau hitam
f. Pada bagian ujung headband diberi tali sebagai pengikat yang disesuaikan dengan ukuran kepala masing-masing peserta MANGRES 2017
g. Pada bagian belakang headband diberi nama peserta MANGRES 2017

8.4. Penanaman dan Penyulaman Mangrove
Tahapan ini merupakan puncak pelaksanaan MANGRES 2017. Panitia dari KeSEMaT dan KeMANGTEER berkumpul di Gedung Serba Guna (GSG) Universitas Diponegoro (UNDIP) pada tanggal 30 April 2017, pukul 06.30 WIB.

Sampai di Desa Mangunharjo diadakan sambutan yang direncanakan akan disampaikan oleh Rektor UNDIP, Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) UNDIP, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Jawa Tengah, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jawa Tengah, dan Biro Infrastruktur dan Sumber Daya Alam Provinsi Jawa Tengah.

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan penanaman bibit mangrove secara simbolis oleh Rektor UNDIP, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Jawa Tengah, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jawa Tengah, Biro Infrastruktur dan Sumber Daya Alam Provinsi Jawa Tengah, yang dilanjutkan dengan penanaman oleh para KeSEMaTER dan KeMANGTEER.

8.5. Pembagian Sertifikat dan Penutupan Acara Kampanye Simpatik
Pembagian sertifikat dan penutupan acara kampanye simpatik dilakukan pada tanggal 6 Mei 2017, yang disertai dengan penggalangan dana KUMANG (Koin Untuk Mangrove) di De’Lasco, Jl. Tirto Agung No.77 Tembalang, Semarang pukul 18.30 - 21.00 WIB. Pengumuman The Most Available Participant, Pemenang Lomba Twitpic, dan Vidgram MANGRES 2017 akan dilakukan pada kesempatan ini.

8.6. Monitoring dan Evaluasi (MONEV)
Hasil Penanaman, serta Penutupan Keseluruhan Acara MANGRES 2017 MONEV merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengetahui perkembangan dari mangrove yang telah ditanam, apakah ada yang perlu dilakukan penyulaman atau tidak. Panitia dari KeSEMaT dan KeMANGTEER berkumpul di Kantor KeSEMaT pada tanggal 7 Mei 2017, pukul 07.30 WIB dan dilanjutkan perjalanan menuju lokasi MONEV, yaitu Desa Mangunharjo, Kecamatan Tugu, Kota Semarang. Acara ini sekaligus sebagai penutupan keseluruhan acara MANGRES 2017.

8.7. Deskripsi Lomba
Pada kegiatan MANGRES 2017 akan diadakan lomba, yaitu:
1. Lomba Twitpic MANGRES 2017
Lomba ini mengangkat tema “Mangrover Ceria” yang bertujuan untuk menunjukkan seberapa besar suka cita dan keceriaan peserta MANGRES 2017 terhadap kelestarian lingkungan khususnya ekosistem mangrove. Lomba ini dilaksanakan pada tanggal 22 dan 23 April 2017 yang bertepatan dengan kegiatan Kampanye Simpatik hari kedua dan ketiga di Tugu Muda dan Simpang Lima, Semarang.
2. Lomba Vidgram 
Lomba ini mengangkat tema “Aksi Mangrover” dengan harapan peserta MANGRES 2017 dapat menyebarkan semangat mangrover terhadap kelestarian lingkungan khususnya ekosistem mangrove. Lomba ini dilaksanakan pada tanggal 22 dan 23 April 2017 yang bertepatan dengan kegiatan Kampanye Simpatik hari kedua dan ketiga di Tugu Muda dan Car Free Day, Semarang.

8.8. Lomba Twitpic Mangrove
Lomba Twitpic ini khusus bagi peserta MANGRES 2017, dengan persyaratan sebagai berikut:
1. Tema: Mangrover Ceria
2. Lomba Twitpic MANGRES 2017 adalah gratis (tidak dikenakan biaya apapun). Seluruh peserta MANGRES 2017 berhak mengikuti lomba ini
3. Objek foto adalah kegiatan MANGRES 2017, yaitu pada saat acara kampanye simpatik yang berlokasi di Tugu Muda dan Simpang Lima, Semarang
4. Teknis lomba:
4.1 Peserta DIWAJIBKAN mem-follow akun Twitter @KeSEMaT
4.2 Peserta DIWAJIBKAN mengunggah 1 foto (1 peserta 1 foto) yang diikutkan lomba melalui akun Twitter, pada hari Sabtu, 22 April 2017 dan Minggu, 23 April 2017 paling lambat pukul 22.00 WIB 4.3 Twitpic yang diikutkan lomba harus menunjukkan keceriaaan dan kemeriahan acara
4.4 Twitpic harus diberi judul yang menarik
4.5 Twitpic harus di-mention ke Twitter @KeSEMaT, serta menggunakan hashtag #Mangres2017 #SaveMangrove #MangroveCarnival #AspirasiMangrover #MangroverCeria
4.6 Juri akan memilih dua twitpic terbaik dari seluruh rangkaian kampanye simpatik MANGRES 2017.
5. Foto harus hasil karya sendiri dan bukan karya orang lain
6. Tidak diperkenankan melakukan editing
7. Panitia akan mendiskualifikasi peserta yang tidak mematuhi peraturan di atas
8. Juri dalam lomba ini adalah Sdr. Ganis Riyan Efendi, S. Kel (Pemimpin Redaksi MANGROVEMAGZ) @MANGROVEMAGZ http://www.mangrovemagz.com
9. Keputusan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat
10. Pengumuman pemenang lomba Twitpic MANGRES 2017 akan diumumkan pada saat pembagian sertifikat sekaligus penutupan acara kampanye simpatik
11. Panitia akan menetapkan Juara I dan II yang akan mendapatkan paket hadiah menarik dan sertifikat dari KeSEMaT
12. Keluarga besar KeSEMaT tidak diperbolehkan mengikuti lomba ini

8.9. Lomba Vidgram
Lomba Vidgram terbuka untuk umum, dengan persyaratan sebagai berikut :
1. Tema: Aksi Mangrover
2. Lomba Vidgram MANGRES 2017 adalah gratis (tidak dikenakan biaya apapun)
3. Obyek video adalah kegiatan MANGRES 2017, yaitu pada saat acara kampanye simpatik hari kedua dan ketiga yang berlokasi di Tugu Muda dan Car Free Day, Semarang
4. Teknis lomba:
4.1 Peserta DIWAJIBKAN mem-follow instagram KeSEMaT
4.2 Peserta DIWAJIBKAN mengunggah 1 video instagram (1 peserta 1 video) yang diikutkan lomba melalui akun instagram, pada hari Sabtu, 22 April 2017 dan Minggu, 23 April 2017, paling lambat pukul 22.00 WIB
4.3 Vidgram yang diikutkan lomba harus menunjukkan ekspresi peserta dan kemeriahan acara
4.4 Vidgram harus diberi judul yang menarik
4.5 Vidgram harus di-tag ke instagram KeSEMaT, serta menggunakan hashtag #Mangres2017 #SaveMangrove #MangroveCarnival #AspirasiMangrover
4.6 Juri akan memilih dua Vidgram terbaik dari seluruh rangkaian kampanye simpatik MANGRES 2017.
5. Tidak diperkenankan melakukan koreksi digital (no editing)
6. Video harus hasil karya sendiri dan bukan karya orang lain
7. Panitia akan mendiskualifikasi peserta yang tidak mematuhi peraturan di atas
8. Juri pada lomba ini adalah Sdr. Rohmat Kuslarsono, S.Kel (founder Kuslar Kreatif) @KuslarKreatif http://kemangi.co.id
9. Keputusan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat
10. Pengumuman pemenang lomba Vidgram MANGRES 2017 akan diumumkan pada saat pembagian sertifikat dan penutupan acara kampanye simpatik
11. Panitia akan menetapkan Juara I dan II yang masing-masing akan mendapatkan paket hadiah menarik sekaligus sertifikat dari KeSEMaT
12. Keluarga besar KeSEMaT tidak diperbolehkan mengikuti lomba ini

IX. PESERTA
Persyaratan dan Peraturan Peserta
1. Program MANGRES 2017 dikenakan biaya sebesar Rp30.000,00 (tiga puluh ribu rupiah)
2. Peserta MANGRES 2017 adalah para mahasiswa dan masyarakat umum dari seluruh Indonesia
3. Pendaftaran calon Peserta MANGRES 2017 dimulai dari tanggal 17 Maret sampai dengan 13 April 2017
4. Calon Peserta MANGRES 2017 dipersilahkan untuk langsung mengisi Formulir Pendaftaran dan Surat Pernyataan sebagai KeMANGTEER MANGRES 2017 di Kantor KeSEMaT, Jl. Ngesrep Barat V/35 Semarang Jawa Tengah INDONESIA. P. +6285103527552 F. +62247474698 E. kesemat@undip.ac.id W. www.kesemat.undip.ac.id. Formulir Pendaftaran juga dapat Anda unduh di sini, silakan diisi dan dikembalikan ke Kantor KeSEMaT
5. Kegiatan MANGRES 2017 bersifat sukarela, apabila ada hal yang terjadi kepada peserta di luar tanggung jawab panitia
6. Peserta akan mendapatkan fasilitas berupa stiker, snack, bibit mangrove, transportasi dan konsumsi pada saat acara penanaman MANGRES 2017
7. Akomodasi dan transportasi dibebankan sepenuhnya kepada para peserta, kecuali pada saat penanaman mangrove tanggal 30 April 2017
8. Peserta MANGRES 2017 dibatasi hingga 100 orang peserta
9. Peserta MANGRES 2017 diwajibkan untuk mematuhi tata tertib dan jadwal kegiatan yang diberikan oleh Panitia MANGRES 2017
10. Sertifikat MANGRES 2017 HANYA AKAN diberikan kepada peserta MANGRES 2017 yang mengikuti minimal empat tahapan yang terdiri dari:
1. Tiga tahapan wajib, yaitu: Acara Kampanye Simpatik di kawasan Tugu Muda (22 April 2017), Acara Kampanye Simpatik pada Car Free Day Semarang (23 April 2017), dan pada Acara Penanaman (30 April 2017).
2. Satu tahapan lainnya (bebas memilih satu tahapan MANGRES 2017 lainnya), yaitu: Technical Meeting, Latihan Flash Mob, Pembagian Sertifikat dan Penutupan Acara Kampanye Simpatik, dan Monitoring Evaluasi.
11. Pembagian sertifikat dilakukan pada tanggal 6 Mei 2017 yang berlokasi di De’Lasco, Jl. Tirto Agung No. 77 Tembalang, Semarang

X. JADWAL KEGIATAN
1. Pendaftaran KeMANGTEER
Hari, Tanggal: Jumat, 17 Maret – Kamis, 13 April 2017
Waktu: 09.00 – 18.00 WIB
Tempat: Kantor KeSEMaT

2. Technical Meeting (TM)
Hari, Tanggal: Jumat, 14 April 2017
Waktu: 15.00 – 16.30 WIB
Tempat: Sayap Kanan Gedung Soedarto UNDIP Tembalang, Semarang

3. Latihan Flash Mob I
Hari, Tanggal: Sabtu,15 April 2017 Waktu: 09.00 – 10.30 WIB
Tempat: Pendopo Student Center UNDIP Tembalang, Semarang

4. Latihan Flash Mob II
Hari, Tanggal: Minggu, 16 April 2017
Waktu: 09.00 – 10.30 WIB
Tempat: Pendopo Student Center UNDIP Tembalang, Semarang

5. Kampanye Simpatik I
Hari, Tanggal: Senin, 17 April 2017
Waktu: 07.00 – 10.00 WIB
Tempat: Halaman Gedung Soedarto UNDIP Tembalang, Semarang

6. Kampanye Simpatik II
Hari, Tanggal: Sabtu, 22 April 2017
Waktu: 07.00 – 10.35 WIB
Tempat: Tugu Muda, Semarang

7. Kampanye Simpatik III
Hari, Tanggal: Minggu, 23 April 2017
Waktu: 06.00 – 08.30 WIB
Tempat: Jalan Pahlawan, Semarang

8. Penanaman Mangrove
Hari, Tanggal: Minggu, 30 April 2017
Waktu: 06.30 – 14.30 WIB
Tempat: Desa Mangunharjo, Semarang

9. Pembagian Sertifikat dan Penutupan Kampanye Simpatik
Hari, Tanggal: Sabtu, 6 Mei 2017
Waktu: 18.30 – 21.45 WIB
Tempat: De’Lasco, Jl. Tirto Agung No. 77 Tembalang, Semarang

10. MONEV dan Penutupan
Hari, Tanggal: Minggu, 7 Mei 2017
Waktu: 07.30 – 11.30 WIB
Tempat: Desa Mangunharjo, Semarang

XI. KONTAK
Segala bentuk korespondensi berkaitan dengan MANGRES 2017 dapat ditujukan kepada:

Sdri. WINDA ARIESTA NUR FADILLA
Menteri Sekretaris KeSEMaT
M. (+62) 85200493214 P. +6285103527552 F. +62247474698
E. kesemat@undip.ac.id W. www.kesemat.undip.ac.id

KeSEMaT adalah Unit Kegiatan Kemahasiswaan di bawah Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro Semarang.

Informasi selengkapnya tentang KeSEMaT, silahkan mengunjungi Jaringan KeSEMaTONLINE www.kesemat.undip.ac.id

NB. Jadwal MANGRES 2017 disusun secara tentative.

XII.PENUTUP
Demikian TOR ini kami buat. Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan kepedulian masyarakat akan pentingnya kelestarian alam terutama pesisir pantai dan mangrove. Atas kerja sama semua pihak yang mendukung kegiatan ini, kami sampaikan terima kasih. (FFS).

No comments:

Post a Comment